TEKNOLOGI AI

 

SMP YPI PULOGADUNG



 

Nama: Zahra Munirah M

Kelas: 9A

 

 

TEKNOLOGI AI

 

APA ITU TEKNOLOGI AI ?

        Artificial intelligence (AI) merupakan komputer dengan karakteristik seperti otak manusia. Meliputi kemampuan berpikir kritis, membuat keputusan, dan menaikkan produktivitas.

Pondasi dari AI adalah pandangan manusia dalam aturan pemesinan untuk pekerjaan sederhana sampai rumit.

Pandangan ini menyatu sebagai hasil dari aktivitas intelektual, studi analisis, logika, dan pengamatan. Penugasan AI meliputi kendali, robotika, mekanisme kontrol, komputasi, penjadwalan, hingga data mining.

Alan Turing mendefinisikan AI adalah sistem yang berperilaku seperti manusia. Sebuah lahan yang mana menggabungkan computer science dan datasets untuk menyelesaikan masalah.

https://digitaltransformation.co.id/pengertian-artificial-inteleggence/

 

Perangkat yang menggunakan teknologi AI dapat melakukan salah satu dari empat hal berikut:

Acting Humanly: Sistem dapat bertindak seperti manusia.

Thinking Humanly: Sistem bisa berpikir layaknya manusia.

Thinking Rationally: Sistem mampu berpikir secara rasional.

Acting Rationally: Sistem dapat bertindak secara rasional.

Teknologi AI juga terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya:

   Reactive Machine: Jenis AI paling dasar yang hanya mampu merespons tindakan tanpa kemampuan untuk menyimpan memori atau belajar dari pengalaman masa lalu. Contohnya adalah Deep Blue, program catur milik IBM yang pernah mengalahkan juara catur dunia Garry Kasparov.

   Limited Memory: Jenis AI ini mampu menyimpan memori dan memanfaatkan pengalaman sebelumnya sebagai pertimbangan dalam pengambilan keputusan di masa mendatang. Contohnya adalah teknologi mobil tanpa pengemudi (self-driving cars). 

  Theory of Mind: Jenis AI yang saat ini masih dalam tahap pengembangan dan belum ada produk yang berbasis pada konsep ini. AI jenis ini akan memiliki kecerdasan sosial-emosional yang memungkinkan berinteraksi dan memahami emosi dan perilaku manusia.

  Self-awareness: Jenis AI paling canggih yang memiliki tingkat kesadaran seperti manusia seutuhnya. AI dengan self-awareness akan memiliki kecerdasan emosional mirip manusia dan bisa ditemui dalam film-film fiksi ilmiah seperti asisten virtual atau robot interaktif.

https://bkpsdm.jogjakota.go.id/detail/index/28439#:~:text=Tujuan%20utama%20AI%20adalah%20meniru,Sistem%20dapat%20bertindak%20seperti%20manusia.

 

Kelebihan Pada Teknologi AI:

1.1. Peningkatan Efisiensi dan Produktivitas

AI membantu mengoperasikan mesin untuk waktu yang tidak terbatas, tanpa mengurangi produktivitas. Ini adalah salah satu keunggulan utama AI yang menyebabkannya diterima di setiap sektor. Kecerdasan Buatan digunakan oleh produsen untuk terus memproduksi barang untuk memenuhi permintaan pasar dan mendapatkan keuntungan yang tinggi.

2.2. Analisis Data Tingkat Lanjut

  Algoritme AI unggul dalam menganalisis data dalam jumlah besar dalam waktu yang sangat singkat dibandingkan dengan waktu yang dibutuhkan manusia. Hal ini memungkinkan bisnis untuk mendapatkan wawasan yang berharga dan membuat keputusan berdasarkan data, yang mengarah pada strategi yang lebih baik, pengalaman pelanggan yang dipersonalisasi, dan operasi yang dioptimalkan.

3.3. Otomatisasi

   Dengan memanfaatkan teknologi AI, organisasi dapat mengotomatiskan berbagai proses, sehingga menghasilkan penghematan biaya yang signifikan. Mengutip artikel yang dipublikasi di Linkedin, kemampuan AI untuk mengotomatisasi berbagai tugas yang saat ini dilakukan oleh manusia adalah salah satu manfaat utamanya.

 

Kekurangan Pada Teknologi AI:

1. Berdampak pada Pengangguran

      Meskipun AI membawa otomatisasi dan efisiensi, AI juga menimbulkan kekhawatiran tentang perpindahan pekerjaan. Tugas-tugas tertentu yang sebelumnya dilakukan oleh manusia sekarang dapat dilakukan oleh sistem AI, yang berpotensi menyebabkan pengangguran dan gangguan sosial.

2. Risiko Keamanan dan Privasi

      AI sangat bergantung pada data, dan pengumpulan serta pemanfaatan informasi pribadi menimbulkan kekhawatiran tentang keamanan dan privasi. Sistem AI harus dirancang dengan langkah-langkah keamanan yang kuat untuk melindungi data sensitif dari akses yang tidak sah dan pelanggaran.

3. Membuat Manusia Malas dan Tidak Kreatif

       Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, manusia kini bisa menggunakan AI untuk melakukan mayoritas pekerjaan mereka. Bahkan, di dunia akademik, AI dapat melakukan penelitian dan membantu menulis mayoritas makalah.

keterampilan-keterampilan penting yang harus dimiliki manusia seperti berpikir kritis, kreatif, pemecahan masalah, pengambilan keputusan akan jarang digunakan.

https://www.umn.ac.id/5-kelebihan-dan-kekurangan-artificial-intelligence-membantu-dan-mengancam/

 

Adapun Konflik Antara Seniman Dan Seni AI

        Pada tahun 2022 kemarin, jagat persenian digital dihebohkan oleh seni buatan AI yang merajalela yang mana menggunakan sistem jaringan internet untuk menggabungkan seni buatan beberapa seniman digital yang tertaut di internet menjadi sebuah seni baru yang padu. Hal ini membuat para seniman digital di media sosial marah karena merasa dilanggar hak cipta mereka.

Banyak seniman digital menemukan bahwa AI yang memiliki kemampuan untuk menggabungkan seni-seni milik mereka ini sangat mengancam keberlangsungan profesi mereka sebagai seniman.

Karya seni yang dibuat oleh mereka dipakai dengan semena-mena dan tanpa izin mereka, memberikan akses gratis atau lebih murah kepada orang-orang yang membutuhkan karya seni untuk kebutuhan content creation dan lain sebagainya. Hal ini ditakuti oleh para seniman akan terjadi secara terus menerus dan membuat seniman digital mulai dilantarkan.

Dari waktu ke waktu, para seniman digital mulai muak dengan penggunaan kecerdasan buatan yang menggunakan seni mereka tanpa izin ini dan mereka mulai menghapus karya-karya seni yang mereka tautkan pada laman seni di internet.

Persaingan antara manusia dan teknologi pada masa seperti sekarang ini bukan hanya terjadi pada bidang seni saja, tetapi juga berbagai bidang lainnya di kehidupan kita yang tak dapat kita hindari. Semakin berkembangnya teknologi di sekitar kita membuat banyak pekerjaan tergantikan oleh teknologi tersebut yang menyebabkan banyak orang merasa dirugikan.

Yang menentukan masa depan kita adalah diri kita sendiri untuk mempertahankan posisi kita supaya tidak digantikan oleh alat. Bagaimanakah pendapat anda mengenai hal ini? Apakah manusia dapat bersaing dalam kondisi yang membingungkan seperti sekarang ini?

https://kumparan.com/hapisdm14/konflik-seniman-digital-dan-seni-ai-1znhvFswuP1/full

Komentar